80 Tahun Golput, Nenek 108 Tahun Mau Nyoblos demi Obama

80 Tahun Golput, Nenek 108 Tahun Mau Nyoblos demi Obama
Joana Jenkins. Foto: Bet.Com
BEAUFORT - Pesona Barack Obama akhirnya bisa meluluhkan sikap Joanna Jenkins yang sudah lebih delapan dekade tak mau menggunakan hak pilihnya alias golput. Di umurnya yang sudah 108 tahun, nenek asal Beaufort County, Karolina Selatan itu akhirnya mencoblos untuk kali pertama.

"Dia sangat senang. Dia memang ingin mencoblos tahun ini, akhirnya kami mencari cara supaya dia bisa memilih," ucap sepupu Joanna, Shirley Lee.

Seperti dikatakan Shirley, perlu usaha tersendiri agar Jenkins bisa menyalurkan hak konstitusionalnya itu. Sebab, kantor KPU setempat tak punya data pemilih atas nama si nenek. Ini kemungkinan terjadi karena sudah puluhan tahun Joanna tak pernah mencoblos, baik saat pemilihan anggota parlemen atau presiden sebelumnya. Ditambah lagi Joanna tak bisa membaca atau menulis.

Bahkan menurut Shirley, sepupunya nyaris tak diakui sebagai warga negara Amerika Serikat karena tak memiliki kartu identitas. Untungnya, dokter keluarga dan pejabat KPU Beaufort County mau membantu dengan memasukannya dalam daftar pemilih tetap.

BEAUFORT - Pesona Barack Obama akhirnya bisa meluluhkan sikap Joanna Jenkins yang sudah lebih delapan dekade tak mau menggunakan hak pilihnya alias

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News