87 Persen Pelajar Salah Pilih Jurusan, Guru Juga

87 Persen Pelajar Salah Pilih Jurusan, Guru Juga
Bu Guru dan siswi. Ilustrasi Foto: dok JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Banyak lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang menjadi pengangguran. Selain tidak memiliki skill, banyak pelajar yang salah pilih jurusan.

"Ada 87 persen pelajar yang salah memilih jurusan, baik saat SMK maupun perguruan tinggi. Ini data riset loh ya bukan kata saya. Selain itu 71,7 persen pekerjaan tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan pekerja," kata Lutvianto Pebri Handoko, CEO Aku Pintar dalam diskusi Warung Daun bertema SMK, Pengangguran dan Pendidikan di Era Milenial, Sabtu (10/11).

Hal tersebut menjadi pemicu banyak lulusan SMK maupun perguruan tinggi kebingungan karena tidak menguasai bidang pekerjaan yang dilamar.

Startup IT usia 25 tahun ini mencontohkan dirinya yang saat SMA mengambil jurusan IPA. Kemudian S1 Teknik Kimia, S2 Manajemen tapi akhirnya berbisnis IT.

Dari kasus ini menunjukkan, kalau ada yang salah dari sistem pendidikan di Indonesia. Siswa tidak diajarkan bagaimana merencanakan pendidikannya ke depannya seperti apa.

"Makanya saya buat aplikasi Aku Pintar untuk membantu pemerintah dan industri untuk menghasilkan lulusan yang benar-benar ahli. Karena dengan aplikasi ini siswa bisa tahu minatnya di mana dan bidang apa. Jadi tidak asal pilih jurusan karena desakan orang tua atau pengin cepat cari kerja," bebernya.

Yang menarik, bukan hanya pelajar salah jurusan. Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Didi Suprijadi mengungkapkan, guru-guru SMK yang mengajar banyak tidak kompeten. Sebab, mereka diambil dari guru adaptif dan normatif.

Contohnya, guru Bahasa Indonesia yang jumlah cukup banyak dialihkan ke guru produktif. Mereka hanya diberikan pelatihan beberapa bulan dan kemudian langsung mengajar anak SMK.

Ada 87 persen pelajar yang salah memilih jurusan, baik saat SMK maupun perguruan tinggi. Ini data riset loh ya bukan kata saya. Selain itu 71,7

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News