9 Alumni UGM jadi Menteri di Kabinet Indonesia Maju

9 Alumni UGM jadi Menteri di Kabinet Indonesia Maju
Menlu Retno Marsudi, alumnus UGM di jajaran Kabinet Indonesia Maju. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Terdapat sembilan alumni UGM (Universitas Gadjah Mada) Yogyakarta yang menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju.

1. Menko Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD. Kuliah di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII). Pada saat yang sama Mahfud MD kuliah Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Gadjah Mada (UGM). Mahfud MD mendapat beasiswa penuh dari UII untuk melanjutkan program pascasarjana di UGM, studi ilmu politik. Mahfud MD mengambil program doktor hukum tata negara di UGM.

2. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Fakultas Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada. Gelar MBA dari Monash University Australia tahun 1996 dan Master of Management Technology (MMT) dari University of Melbourne, Australia, tahun 1997.
Airlangga pernah Ketua Umum Senat Mahasiswa Fakultas Teknik UGM.

3. Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy. Gelar sarjana muda dari IAIN Malang. Ijazah S1 dari IKIP Negeri Malang (saat ini menjadi Universitas Negeri Malang). Lanjut pascasarjana Universitas Gadjah Mada, Magister Administrasi Publik (MAP), pada tahun 1996.
Muhadjir berhasil menyelesaikan pendidikan strata tiga bidang sosiologi militer di Program Doktor Universitas Airlangga, pada 2008.

4. Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Kuliah di Ilmu Pemerintahan Fisipol UGM. Menjadi staf pengajar UGM sejak 1986. Kuliah lagi di jurusan Development Administration University of Birmingham, Inggris. Program doktoral di Flinders University of South Australia jurusan Asian Studies. Menjadi Guru Besar bidang ilmu politik UGM pada 2008. Rektor UGM 2012-2014.

5. Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi. Kuliah di Jurusan Hubungan Internasional Fisipol di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Gelar S2 Hukum Uni Eropa dari Haagse Hogeschool, Belanda.

6. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Lulusan jurusan Teknis Arsitektur Universitas Gajah Mada tahun 1981.

7. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono. S-1 Teknik Geologi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Magister (S2), Colorado State University, Amerika Serikat. Doktor (S3) Teknik Sipil, Colorado State University, Amerika Serikat.

Tercatat ada 9 alumni UGM (Universitas Gadjah Mada) Yogyakarta yang menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News