9 Ruas Tol Bagian Trans Jawa Beroperasi Akhir 2018

9 Ruas Tol Bagian Trans Jawa Beroperasi Akhir 2018
Proyek pembangunan jalan tol. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah pasang target pembangunan sembilan ruas Jalan Tol yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa rampung dan mulai beroperasi pada akhir 2018.

Kementerian PUPR sudah berhasil menyelesaikan 920 kilometer dari total 1.150 kilometer yang membentang mulai Merak hingga Banyuwangi. Dari 920 kilometer tersebut, sudah 607 kilometer yang operasional. Sementara 313 diantaranya ditargetkan beroperasi pada akhir tahun 2018

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, ada 9 ruas tol Trans Jawa yang akan beroperasi secara bertahap mulai Juli hingga Desember 2018. “Jalan Tol Pejagan-Pemalang sepanjang 43 km dan Tol Solo-Sragen sepanjang 36 Kilometer, saat ini progresnya sudah 100 persen dan siap diresmikan bulan Juli 2018," ujar Menteri Basuki, seperti diberitakan Jawa Pos.

Sembilan ruas tol yang akan beroperasi tersebut yakni Sragen-Ngawi dan Porong-Gempol. Keduanya ditargetkan beroperasi pada September 2018.

Kemudian pada bulan berikutnya, akan beroperasi ruas Salatiga-Kartosuro. Selanjutnya pada November 2018 akan beroperasi ruas Pemalang-Batang dan ruas Batang-Semarang . Kemudian pada bulan Desember, akan beroperasi ruas Wilangan-Kertosono ruas Pasuruan-Grati-Probolinggo.

Basuki menjelaskan, JalanT ol Trans Jawa dibutuhkan untuk meningkatkan konektivitas di Pulau Jawa yang memiliki kontribusi lebih dari 50 persen bagi pertumbuhan ekonomi nasional,. Selain itu juga untuk menurunkan biaya logistik sehingga meningkatkan daya saing Indonesia.

Ketersediaan jalan tol juga diarahkan untuk lebih mendorong perkembangan potensi ekonomi lokal di sepanjang koridor tol. Salah satunya dengan menyediakan lot-lot bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di tempat istirahat (rest area).

”Tetap butuh kreativitas Pemerintah Daerah (Pemda) dalam memfasilitasi perkembangan UMKM di ruas-ruas tol baru,” kata Basuki.

Sembilan ruas tol yang menjadi bagian Tol Trans Jawa ditargetkan sudah bisa beroperasi mulai akhir 2018.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News