97 Pasar Tradisional Rawan Kebakaran

Usia Tua, Butuh Peremajaan Segera

97 Pasar Tradisional Rawan Kebakaran
97 Pasar Tradisional Rawan Kebakaran
JAKARTA -- PD Pasar Jaya merilis ada 97 pasar tradisional yang tersebar di lima wilayah DKI yang rawan kebakaran. Ancaman si jago merah menyusul kondisi pasar yang sudah tua dan memprihatinkan. Rata-rata, usia pasar tersebut di atas 30 tahun. Praktis, sambil menunggu peremajaan, antisipasi menghadapi bahaya kebakaran terus digencarkan di sejumlah pasar tradisional tersebut. 

“Ancaman kebakaran ini harus diantisipasi. Kalau penghuni pasar siap, jika terjadi kebakaran, kemungkinan jatuhnya korban bisa diminimalisasi,” ujar Dirut PD Pasar Jaya Djangga Lubis di sela simulasi penanganan kebakaran di Pasar Induk Kramatjati, kemarin.

Simulasi penanggulangan kebakaran yang digelar tersebut merupakan yang ketiga kalinya setelah sebelumnya dilakukan di kantor Pusat PD Pasar Jaya pada 29 Juni 2010 dan di Pasar Tomang Barat pada 3 Agustus 2010 lalu. Pelatihan yang diberikan selama ini, kata Djangga, memberikan manfaat yang cukup besar bagi para pengelola dan penghuni pasar.

Seperti kebakaran yang menimpa 10 kios di Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta Selatan, pekan lalu. Berkat kesigapan petugas dan pedagang pasar, api berhasil dijinakkan dengan cepat. Sehingga tidak merembet ke tempat lain. Pasar Rumput yang terbakar itu termasuk 97 pasar tradisional yang usianya di atas 30 tahun dan membutuhkan peremajaan segera. Selain pasar itu juga Pasar Kramatjati, Pasar Ujung Menteng dan sejumlah pasar lainnya.

JAKARTA -- PD Pasar Jaya merilis ada 97 pasar tradisional yang tersebar di lima wilayah DKI yang rawan kebakaran. Ancaman si jago merah menyusul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News