Abu Mulai Mengarah ke Probolinggo-Pasuruan

Satgas Siapkan Masker dan Salep Mata

Abu Mulai Mengarah ke Probolinggo-Pasuruan
Pagi hari arah angin yang biasanya ke arah barat daya mendadak berubah ke arah Timur Laut. hujan abu vulkanik membuat sedikit kepanikan warga Ngadisari di kecamatan Sukapura yang berjarak 3 km dari kawah Bromo. Dinas Kesehatan kabupaten Probolinggo langsung membagikan masker kepada siswa SD Ngadisari 1 kecamatan Sukapura, Selasa (30/11). Foto: Guslan Gumilang/Jawa Pos
PROBOLINGGO - Tujuh hari setelah penetapan status awas, aktivitas Gunung Bromo masih belum menunjukan kondisi membaik. Bahkan, sepanjang pagi kemarin (30/11), semburan abu vulkanis malah mengarah ke kawasan Cemoro Lawang, Ngadisari. Akibatnya, hujan abu pun dirasakan masyarakat dan wisatawan yang tinggal di hotel-hotel terdekat dari Bromo.

Semburan abu itu akibat angin yang bergerak ke timur laut dan utara. Akibat semburan abu tersebut diperkirakan sejumlah daerah di Probolinggo dan Pasuruan ikut terdampak. Dari pantauan Jawa Pos, semburan mulai mengarah ke Cemoro Lawang sekitar pukul 04.45.

Cemoro Lawang sendiri merupakan daerah yang banyak terdapat hotel dan pemukiman warga yang terdekat dari kawah Bromo. Jarak Cemoro Lawang ke kawah sekitar 3,5 km. Abu yang mengguyur kawasan tersebut berwarna abu-abu pekat dan lengket saat dipegang. Abu juga tampak terlihat menutupi sejumlah mobil yang terparkir di daerah yang memiliki radius lebih dari 8 km dari kawah bromo.

Embasan abu yang mengarah ke Cemoro Lawang, Ngadisari membuat petugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Probolinggo kelabakan. Sekitar pukul 06.00, sejumlah tenaga medis dari Puskesmas Sukapura mendadak dikerahkan untuk membagi-bagikan masker ke rumah, sekolah dan warga yang sedang diladang. "Segera dipakai ya biar tidak sakit," ujar Khusen, tenaga medis dari Puskesemas Pembantu (Pustu) Wonotoro. Wonotoro merupakan desa yang berada di kecamatan Sukapura.

PROBOLINGGO - Tujuh hari setelah penetapan status awas, aktivitas Gunung Bromo masih belum menunjukan kondisi membaik. Bahkan, sepanjang pagi kemarin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News