Acara Mlaku Bareng menjadi Ikhtiar Anies-Cak Imin Meraih Suara di Jatim

Acara Mlaku Bareng menjadi Ikhtiar Anies-Cak Imin Meraih Suara di Jatim
Bakal calon presiden Anies Baswedan dan bakal calon wakil presiden Muhaimin Iskandar menyapa warga saat jalan sehat di Jalan Pahlawan Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (15/10/2023). (ANTARA FOTO/Umarul Faruq/rwa)

jpnn.com - SURABAYA - Acara Mlaku Bareng di Sidoarjo yang dihadiri ratusan ribu masyarakat pada Minggu (15/10) merupakan ikhtiar pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 2024, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) meraih suara di Jawa Timur (Jatim).

"AMIN, khususnya PKB, ingin membuktikan dan menunjukkan bahwa Jatim adalah basis suaranya," kata pengamat politik dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Moch Mubarok melalui keterangan resmi di Surabaya, Selasa (17/10).

Menurutnya, langkah AMIN dan PKB didasari banyaknya pandangan bahwa Jatim merupakan arena pertarungan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Oleh karena itu, lanjut dia, suatu kewajaran apabila para bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden acap kali datang ke "Bumi Majapahit".

"Provinsi Jatim yang akan dijadikan lumbung suara oleh setiap kandidat pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden," ungkapnya.

Dia menyebut dari kondisi yang ada selama tahapan menjelang hingga proses pemungutan suara berjalan di tanggal 14 Februari 2024, maka peta persaingan memperebutkan kemenangan di Jawa Timur berjalan ketat.

"Karena persaingan di Jatim akan seimbang sehingga kekuatannya relatif bisa menjadi berimbang," kata Mubarok.

Pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam mengatakan usaha pemenangan yang ditempuh oleh pasangan AMIN, salah satunya melalui "Mlaku Bareng", sudah tepat menjaring suara, tetapi perlu ditunjang dengan skema berkelanjutan. "Pasangan AMIN untuk terus bisa menyapa warga Jatim itu sudah bagus dan perlu dilanjutkan," ucapnya.

Pengamat menilai acara Mlaku Bareng yang dihadiri ratusan ribu masyarakat di Sidoarjo, merupakan ikhtiar Anies-Cak Imin meraih suara di Jatim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News