Aceh Peringati 5 Tahun Tsunami

Aceh Peringati 5 Tahun Tsunami
Foto : AP
BANDA ACEH - Warga Nangroe Aceh Darussalam hari ini memperingati lima tahun tragedi tsunami. Ibu-ibu dengan mengenakan mukena berdoa di masjid dan meunasah untuk mendoakan para korban tsunami yang terjadi 26 Desember 2004 itu.

Seperti dilaporkan Associated Press, sebuah gempa besar berkekuatan 9.2 skala richter terjadi di dekat Pulau Simeuleu di Samudra Hindia tepat lima tahun silam. Gempa itu memicu tsunami hebat yang meluluhlantakkan pesisir Aceh.

Gelombang tsunami juga menyapu hingga Thailand, India, Sri langka bahkan Madagaskar di Afrika sehingga menewaskan ratusan ribu jiwa. Namun Aceh adalah daerah dengan jumlah korban terbesar.

Dari 230 ribu jiwa korban tewas, lebih dari separuhnya adalah warga NAD. Pada peringatan hari ini, Wapres Boediono datang langsung ke Aceh dan memimpin peringatan yang dipusatkan di Pelabuhan Ulhelheu. Sebelumnya, Wapres dan rombongan sempat ziarah di Pemakaman Siron, di daerah Lambaro, Aceh Besar yang menjadi lokasi kuburan masal bagi korban tsunami.

BANDA ACEH - Warga Nangroe Aceh Darussalam hari ini memperingati lima tahun tragedi tsunami. Ibu-ibu dengan mengenakan mukena berdoa di masjid dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News