Natal di Poso, Umat Kristen-Islam Baur

Natal di Poso, Umat Kristen-Islam Baur
Natal di Poso, Umat Kristen-Islam Baur
POSO-- Sembilan tahun lalu, Poso dilanda konflik SARA. Namun, kini bau konflik seperti lenyap tak berbekas. Perayaan Natal di Poso kemarin (25/12) menjadi ajang silaturahmi antarumat Kristen dengan umat Muslim. Silaturahmi tidak hanya antarwarga biasa yang berbeda agama tersebut, namun juga terjadi antarpejabat yang lain keyakinan.

Para pejabat yang berada dalam wadah Muspida saling mengunjungi. Ada dua rombongan pejabat Poso yang seharian kemarin roadshow natalan. Rombongan pertama adalah rombongan pejabat Pemkab dan Muspida yang dipimpin Wabup Abdul Muthalib Rimi, Dandim 1307 Letkol Inf Suwanto, dan Sekkab Amdjad Lawasa. Rombongan kedua adalah rombongan dari Yonif 714/SM yang dipimpin langsung Danyonif Letkol Inf Agus P.

Rombongan Wabup Abdul Rimi beranggotakan sejumlah pejabat Pemkab dan Kodim yang beragama Islam. Diantara rombongan yang ikut Wabup Abdul Rimi adalah Haris Renggah, Atmadjaja Mardjun, Rusnah Mangun, Mahmudin Djamal, Munawir, dan Amir Kiat. Sedang rombongan Letkol Agus P beranggota seluruh pejabat dilingkungan Yonif 714/SM.

Secara bergantian, meraka pesiaran atau silaturahmi ke rumah-rumah pejabat yang merayakan Natal. Kunjungan pertama rombongan Wabup Rimi dan rombongan Danyon Agus P adalah rumah ketua DPRD, Ir Jani WV Mamuya, di jalan jalur dua Poso Kota. Setelah itu, giliran kediaman Wakil Ketua Dekab Sony L Kapito dan anggota Dekab Hari S Kaby yang juga berada di jalur dua Poso Kota. Rumah pejabat lain yang disambangi Wabup Rimi adalah rumah Rektor Unsimar, Lefran Mango, rumah Kabag Tapem, Purnama Megati, rumah Asisten III Sin Songgo, dan rumah Inspektorat Anton Tadjongga. Rumah pengusaha sukses Steven Lyanto (Ahow) juga menjadi tujuan pesiaran Wabup Rimi  dan kawan-kawan.

POSO-- Sembilan tahun lalu, Poso dilanda konflik SARA. Namun, kini bau konflik seperti lenyap tak berbekas. Perayaan Natal di Poso kemarin (25/12)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News