Ada 16 Jamur Raksasa di Bandara Sepinggan

Ada 16 Jamur Raksasa di Bandara Sepinggan
Terminal baru Bandara Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur. Foto: Mahbub Amiruddin/JPNN.com

jpnn.com - BALIKPAPAN -- Bandar Udara Internasional Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur berkembang menjadi salah satu Bandara termodern di Indonesia. Selain mengedepankan konsep komersil, terminal baru itu melakukan pendekatan ramah lingkungan.

Untuk atap terminal baru tersebut menggunakan konsep ombak laut. Lalu di bagian dinding ditambahkan ornamen ranting kayu diambil dari hutan Kalimantan.

Yang cukup unik adalah di bagian counter cek-in yang bangunannya dibuat menyerupai jamur. Sehingga nantinya, petugas cek in dan penumpang seolah dipayungi oleh jamur raksasa yang ukuran diameternya mencapai 7 meter.

"Total ada 16 jamur raksasa yang sebenarnya adalah tempat counter cek-in," jelas Taochid Purnomo Hadi, Head of Sepinggan Airport International Balikpapan Project di Bandara Sepinggan, Kamis (5/12).

Terminal baru Bandara Sepinggan juga ramah lingkungan. Sebab di dalam terminal baru itu akan dibangun enam taman.

"Kita akan menaruh tanaman asli Kalimantan yang hidup, bukan tiruan. Nanti juga aka kita lengkapi dengan suara burung. Taman ini akan menggunakan air yang telah di-recycle," ungkapnya.

Keistimewaan lain dari Terminal Baru Bandara Sepinggan ini adalah penggunaan lampu Light Emitting Diode atau yang lebih dikenal dengan lampu LED.

"Ini adalah pertamakalinya di Indonesia, ada terminal bandara menggunakan lampu LED," terang Taochid. (abu/jpnn)


Berita Selanjutnya:
Mobil Anggota Dewan Dibakar

BALIKPAPAN -- Bandar Udara Internasional Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur berkembang menjadi salah satu Bandara termodern di Indonesia. Selain


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News