JPNN.com

Ada 3.360 Lowongan dari Kemendikbud, Ini Posisinya

Selasa, 19 Januari 2021 – 00:00 WIB
Ada 3.360 Lowongan dari Kemendikbud, Ini Posisinya - JPNN.com
Ilustrasi/Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka pendaftaran seleksi pendidikan guru penggerak (PGP) angkatan ketiga.

Pendaftaran untuk proses seleksi itu telah dimulai pada Senin (18/1) dan terbuka untuk guru jenjang TK, SD, SMP dan SMA. 

Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Praptono mengungkapkan, selain guru penggerak, tahun ini juga ada rekrutmen bagi calon pengajar praktik angkatan ketiga. Seleksi itu terbuka untuk guru, kepala sekolah, pengawas sekolah dan praktisi pendidikan.

Nantinya, para pengajar praktik akan memfasilitasi calon guru penggerak dalam melakukan refleksi, membuat capaian perkembangan, evaluasi, memberikan umpan balik, dan lokakarya.

"Kami akan menyeleksi guru-guru yang mau bergerak tanpa disuruh dan bergerak selalu berpihak kepada murid,” tutur Praptono.

Seleksi PGP angkatan ketiga itu menyasar 56 kabupaten/kota di 25 provinsi yang tersebar di enam pulau besar.  Selanjutnya, seleksi PGP angkatan keempat akan berlangsung pada 1 Maret sampai 8 Mei 2021 dengan daerah sasaran 160 kabupaten/kota yang mewakili Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Papua dan Maluku.

Untuk diketahui, guru-guru yang lolos seleksi akan mengikuti PGP menggunakan pendekatan andragogi dan blended learning (daring dan luring) selama sembilan bulan. 

"Program tersebut dirancang untuk mendukung hasil belajar yang implementatif berbasis lapangan," ucap Praptono.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...