Ada Aturan Baru: Ini Sanksi Bagi Warga DKI Jakarta yang Tak Pakai Masker

Ada Aturan Baru: Ini Sanksi Bagi Warga DKI Jakarta yang Tak Pakai Masker
Sejumlah warga mengenakan masker untuk mencegah penularan Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Peraturan Daerah (Perda) tentang Penanggulangan Covid-19 telah disahkan DPRD DKI Jakarta pada Senin (19/10). Perda itu berisi sebelas bab dengan 35 pasal.

Dalam perda tersebut, setiap orang yang berada di DKI Jakarta wajib memakai masker sesuai standar kesehatan, yakni menutupi hidung, dagu, dan mulut.

Warga wajib memakai masker saat berada di luar rumah, berkendara, tempat kerja atau tempat aktivitas lainnya.

"Setiap orang yang berada di Provinsi DKI Jakarta wajib melaksanakan perlindungan kesehatan individu, yang  meliputi: menggunakan masker sesuai dengan standar kesehatan yang menutupi hidung, mulut, dan dagu, ketika berada di luar rumah, saat berkendara, tempat kerja dan/atau tempat aktivitas lainnya," potongan bunyi Pasal 8.

Adapun apabila warga tidak menggunakan masker, maka sebagaimana yang tertuang dalam Pasal 9, warga akan dikenakan sanksi kerja sosial atau sanksi administratif. 

"Setiap orang yang tidak menggunakan masker sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 ayat (1) huruf a dikenakan sanksi berupa: a. kerja sosial dengan membersihkan fasilitas umum; atau b. denda administratif paling banyak sebesar Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah)," bunyi Pasal 9. (mcr1/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

Sesuai Perda Penanggulangan Covid-19 yang telah disahkan maka warga Jakarta wajib pakai masker.


Redaktur & Reporter : Dean Pahrevi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News