Ada 'Harta Karun' di Pulau Seram, SKK Migas Punya Rencana Lanjutan

Ada 'Harta Karun' di Pulau Seram, SKK Migas Punya Rencana Lanjutan
SKK Migas dan KKKS telah menemukan 'harta karun' di di Pulau Seram, Maluku. Foto: Antara

jpnn.com, AMBON - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Citic Seram Energy menyatakan telah menemukan 'harta karun' di di Pulau Seram, Maluku.

Kepala Divisi Pemboran dan Perawatan Sumur SKK Migas Surya Widyantoro mengatakan termua harta karun itu berupa 15,02 juta kaki kubik gas.

"Jadi, kami melakukan pengetesan ulang dimaksudkan untuk menguji dan mengevaluasi potensi hidrokarbon pada batuan karbonat formasi Manusela," kata Surya dalam keterangan tertulis, Minggu.

Penemuan itu, kata Surya, tepatnya di sumur eksplorasi Lofin-2 (re-entry), Desa Seti, Kecamatan Seram Utara Timur, Seti, Kabupaten Maluku Tengah.

Setelah dilakukan pengetesan ulang uji lapisan sumur eksplorasi Lofin-2 (re-entry) yang memiliki objektif utama di batuan karbonat formasi Manusela, ditemukan aliran gas sebesar 15,02 juta kaki kubik gas per hari atau MMSCFD pada bukan choke 64/64 inci.

Pengetesan ulang uji lapisan sumur eksplorasi tersebut untuk mengetahui karakter atau perilaku dari reservoir tersebut guna pengembangan di struktur Lofin nantinya.

Menurut Surya, saat ini tim SKK Migas dan Citic Seram Energy masih bekerja dan berada di lokasi, untuk memantau dan melakukan testing kekuatan semburan hidrokarbon.

“Flaring saat well testing sudah dilakukan dan semburan gas cukup bagus,” kata Surya.

SKK Migas dan KKKS telah menemukan 'harta karun' di di Pulau Seram, Maluku. Simak selengkapnya!

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News