Ada Kades Disanjung Menteri Marwan

Ada Kades Disanjung Menteri Marwan
Masyarakat Desa. Foto: ilustrasi.dok.JPNN

jpnn.com - SERANG - ‎Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Marwan Jafar  memuji Kepala Desa Sukaratu, Cikeusal, Serang, Banten.  Kades itu dinilai telah dengan tepat mengawal pencairan dana desa yang ada dengan tepat sasaran.

"Ini kepala desanya bagus ini. Dana desa telah digunakan untuk membangun jalan desa. Jadi jalan sudah mulai bagus," ujar Marwan saat mengunjungi Desa Sukaratu, Rabu (2/3).

Menurut Marwan, ‎ penggunaan dana desa penting diarahkan pada tiga hal. Yakni untuk membangun infrastruktur desa, kebutuhan sarana dan pra sarana, dan untuk memfasilitasi kegiatan ekonomi masyarakat.

"Infrastruktur desa bisa bikin jalan, irigasi, jembatan, talub dan air bersih. Kalau sudah tersedia, bisa bangun sarana dan pra sarana seperti posyandu, atau tempat pendidikan usia dini. Nah, kalau dua hal ini sudah terpenuhi, dirikan BUMDes," ujar Marwan.

Dalam kunjungannya kali ini, Marwan tidak hanya memantau realisasi penggunaan dana desa. Namun juga melakukan sosialisasi dana desa kepada masyarakat setempat.

"Masyarakat harus tahu dana desa itu apa dan digunakan untuk apa. Dan harus ikut mengawasi," ujarnya.

Dana desa yang diperoleh Desa Sukaratu tahun 2015 sebesar Rp 263.250.187. Dana ini digunakan untuk membangun jalan di tiga titik, yakni kampung Sukaratu, Kadu Kubur, dan Kampung Pasir Menyan.

"Sisanya untuk memperbaiki balai kegiatan belajar mengajar masyarakat," ujar Kepala Desa Sukaratu -Irman Supriatman.(gir/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News