Ada Kampus UMKM di Jateng, Pak Ganjar Semringah

Ada Kampus UMKM di Jateng, Pak Ganjar Semringah
Gubernur Ganjar Pranowo saat konferensi pers usai peresmian di Hetero Space UMKM Jawa Tengah, Banyumanik, Semarang. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan Kampus UMKM Shopee di Kota Semarang bertepatan dengan HUT ke-71 Jateng pada Minggu (15/8).

Ganjar berharap adanya kerja sama yang terjalin dengan marketplace asal Singapura itu akan memudahkan para pelaku UMKM khususnya dalam hal pemasaran yang selama ini masih menemui kendala.

"Sehingga pada kesempatan ulang tahun ke-71 Jawa Tengah ini, saya ambil tema Jateng Tangguh. Maka mereka semua juga harus tangguh termasuk UMKM-nya harus tangguh," kata Ganjar dalam konferensi pers usai peresmian di Hetero Space UMKM Jawa Tengah, Banyumanik, Semarang.

Di Kampus UMKM Shopee tersedia fasilitas mumpuni yang bisa digunakan secara gratis oleh pelaku UMKM di Jawa Tengah.

Fasilitasnya antara lain studio foto produk, pusat edukasi, simulasi gudang hingga ruang live streaming.

Selain itu juga dilengkapi dengan serangkaian program pembinaan dan fasilitas yang mengakomodir seluruh kebutuhan bisnis para pelaku UMKM, mulai dari edukasi, penyaluran pendanaan, pemasaran online hingga sistem inventori dan pengiriman barang terintegrasi.

Ganjar berharap ke depan kampus seperti ini juga tersedia di daerah lain sehingga UMKM di Jateng makin tangguh dan bisa bangkit meski di masa pandemi.

"Hari ini di Solo juga sudah ada, maka kami akan buat di banyak titik. G empuran pandemi ini banyak yang kolaps, lalu banyak yang bertanya 'Pak cari kerjaan susah'. Saatnya bukan cari kerjaan, saatnya bikin kerjaan sendiri, menjadi enterpreneur (pengusaha), membangun satu bisnis startup sendiri dan kami akan coba fasilitasi. Ini bagian dari mewujudkan. Mudah-mudahan UMKM bisa belajar," tegasnya.

Gubernur Ganjar Pranowo berharap ke depan kampus seperti ini juga tersedia di daerah lain sehingga UMKM di Jateng makin tangguh dan bisa bangkit meski di masa pandemi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News