Ada Minyak Goreng Rp 14 Ribu Per Liter Bun, Catat Lokasi Penjualnya

Ada Minyak Goreng Rp 14 Ribu Per Liter Bun, Catat Lokasi Penjualnya
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mulai menyalurkan minyak goreng curah seharga Rp 14 ribu per liter. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mulai menyalurkan minyak goreng curah seharga Rp 14 ribu per liter.

Wakil Menteri BUMN Pahala Mansyuri menyatakan minyak goreng curah sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) itu disebar di 5.000 titik di seluruh Indonesia.

"Pilot project distribusi minyak goreng curah ke 5.000 titik akan dilaksanakan BUMN Pangan ID FOOD," kata Pahala dalam pernyataan yang dikutip di Jakarta, Minggu (15/5).

Menurutnya, proyek percontohan distribusi minyak goreng murah dilakukan mulai akhir pekan ini hingga akhir Mei 2022.

Pahala memerinci sebanyak 5.000 titik lokasi itu adalah pasar-pasar tradisional yang terletak di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan, dan Sulawesi.

Pemerintah menempatkan peran pengecer minyak goreng sebagai kepanjangan tangan BUMN pangan.

"Tidak hanya pedagang ataupun pengusaha skala besar, para pengecer atau warung-warung, bahkan UMKM bisa menjadi mitra BUMN dalam pendistribusian minyak goreng," kata Pahala.

Dia menegaskan isu minyak goreng saat ini adalah tidak hanya kelangkaan pasokan melainkan upaya stabilisasi harga sesuai ketetapan pemerintah.

"Masih banyak para pengecer maupun warung-warung kecil yang masih menjual di atas harga eceran tertinggi," ungkapnya.

Oleh karena itu, pemerintah mendorong BUMN Pangan untuk memperluas pasar hingga ke tingkat kecamatan, RT, dan RW untuk mendata rumah tangga yang membutuhkan minyak goreng.

Selain itu BUMN Pangan juga diharapkan dapat menyiapkan platform khusus pengembangan dari aplikasi Warung Pangan.

Aplikasi itu dikelola perseroan untuk memastikan pendistribusian minyak goreng secara daring serta memantau keterjangkauan harga minyak goreng Rp 14 ribu per liter sampai ke tingkat konsumen ataupun masyarakat. (antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mulai menyalurkan minyak goreng curah seharga Rp 14 ribu per liter.


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News