Ada Misteri soal Istri Kim Jong-un, Jangan-jangan...

Ada Misteri soal Istri Kim Jong-un, Jangan-jangan...
Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong-un dan istrinya, Ri Sol-ju. Foto: KCNA

jpnn.com - Ibu Negara Korea Utara (Korut) Ri Sol-ju (31) menjadi misteri. Penyebabnya ialah teka-teki tentang keberadaan istri Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong-un tersebut.

Sol-ju muncul terakhir kali di hadapan publik pada 25 Januari 2020 saat menemani Jong-un menghadiri perayaan Imlek di sebuah teater di Pyongyang. Setelah itu, Sol-ju tak pernah terlihat lagi.

Meski dalam 10 bulan ini Korut menggelar berbagai acara resmi, Sol-ju tak sekali pun terlihat. Tidak ada foto yang memperlihatkan kehadiran Sol-ju.

Momen terkini paling penting di Korut ialah parade militer pada 10 Oktober lalu. Sol-ju tak tampak menyaksikan parade militer itu meski pada momen serupa tahun-tahun sebelumnya selalu terlihat hadir.

Situs Daily NK -sebuah portal berita yang dijalankan para pembelot Korut di Korea Selatan- menyebut ketidakhadiran Sol-ju telah menjadi perbincangan warga di negeri komunis itu selama berbulan-bulan. Sumber Daily NK mengungkapkan, ada sejumlah rumor yang menyertai misteri tentang keberadaan Sol-ju.

Rumor pertama ialah tentang Sol-ju sakit serius. Kedua, Sol-ju fokus mendidik putrinya, Ju-ae yang lahir pada 2013.

"Beberapa warga Korut meyakini bahwa Sol-ju sebagai ibu Ju-ae tentu saja akan menangani aktivitas pendidikan putrinya, termasuk fokus pada perannya sebagai anak pemimpin negara," tulis Daily NK.

Sol-ju juga dikabarkan fokus merawat bibi suaminya, Kim Kyong-hui. Jong-un memperhatikan adik terkecil ayahnya itu yang kini uzur dan sakit-sakitan.

Ibu Negara Korea Utara (Korut) Ri Sol-ju menjadi misteri karena sudah 10 bulan tak terlihat di publik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News