Ada Pemilih Curang, TPS 29 Kalibata Gelar Coblos Ulang

Ada Pemilih Curang, TPS 29 Kalibata Gelar Coblos Ulang
COBLOS ULANG: Suasana di TPS 29 Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (19/2). Foto: Fathan Sinaga/JPNN.Com

jpnn.com - jpnn.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di dua tempat pemungutan suara (TPS), Minggu (19/2). Yaitu di TPS 01 Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat dan TPS 29 Kalibata, Pancoran Jakarta Selatan.

Berdasar pantauan di TPS 29 Kalibata, pemilih dan warga setempat sudah ramai untuk menggunakan hak pilih. Salah satu anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di TPS 29 Kalibata, Awaluddin mengatakan, pihaknya merekomendasikan pemilihan ulang karena adanya satu warga yang mencoblos hingga dua kali.

"Karena ada kesalahan di salah seorang peserta, coblos dua kali," kata dia di lokasi.

Namun, Awaluddin enggan menyebutkan nama pemilih yang mencoblos dua kali. Hanya saja dia bersedia membeber modus kecurangan itu.

Pemilih yang mencoblos dua kali itu menggunakan hak pilih orang lain yang masih keluarganya. "Yang satu milik kakaknya di Kanada yang satu milik anaknya yang di Surabaya," kata Awaluddin.

Dia menjelaskan, saat pemilih meminta izin mencoblos dengan alasan mewakili saudaranya, panitia penyelenggara langsung menggelar rapat. Hasil rapat membolehkan pemilih itu mencoblos.

"Kami awalnya tidak mengetahuinya, tapi setelah dicek kembali DPT, ternyata ada kecurangan. Karena itu kami rekomendasikan (pencoblosan) ulang," tandas dia.(mg4/jpnn)


Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di dua tempat pemungutan suara (TPS), Minggu (19/2). Yaitu di TPS


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News