Yakinlah, PAN Bakal Dukung Anies-Sandi

Yakinlah, PAN Bakal Dukung Anies-Sandi
Pengamat politik LIPI Ziti Zuhro. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - jpnn.com - Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro memprediksi Partai Amanat Nasional (PAN) bakal mendukung duet Anies Baswedan-Sandiaga Uno pada pilkada DKI putaran kedua.

Penilaian Siti itu berdasar pernyataan Ketua DPP PAN Yandri Susanto yang menegaskan partai pimpinan Zulkifli Hasan itu tak akan mendukung Basuki Tjahaja Purnama. Pertimbangannya lantaran karakter calon gubernur DKI yang kondang dengan nama panggilan Ahok itu ditolak oleh sebagian besar kader PAN.

"Bahasa Yandri sangat lugas, jelas, tegas, eksplisit mengatakan bahwa pilihannya memang tidak banyak. Hanya satu yang akan dipilih. Kelihatannya pasangan Anies-Sandi," ujar Siti di sela-sela sebuah diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (18/2).

Wiwik -panggilan akrab Siti- mengatakan, baik Anies-Sandi maupun duet Agus Yudhoyono-Sylviana Murni memiliki segmen pemilih yang sama. Sebagai catatan, PAN mengusung Agus-Sylvi pada pilkada DKI putaran pertama.

Karenanya, Wiwik meyakini pendukung Agus-Sylvi akan menjadi pemilih Anies-Sandi. “Oleh karena itu kalau satunya kalah, suaranya turun, satunya naik," imbuhnya.

Lebih lanjut Wiwik menjelaskan, keputusan partai untuk mendukung calon di pilkada kadang tak selalu diikuti oleh konstituennya. Sebab, faktor calon kepala daerah juga jadi pertimbangan pemilih.

Karenanya Wiwik menegaskan, penentu kemenangan memang ada pada calon yang diusung. "Baik cawagub maupun partai-partai yang berkoalisi, timses, relawan dan sebagainya itu menyempurnakan kemenangan," pungkasnya.(uya/JPG)


Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro memprediksi Partai Amanat Nasional (PAN) bakal mendukung duet Anies Baswedan-Sandiaga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News