Ada Ritual Adat Saat Presiden Jokowi Berkemah di IKN, Cukup Sakral

Ada Ritual Adat Saat Presiden Jokowi Berkemah di IKN, Cukup Sakral
Suasana persiapan agenda berkemah Presiden selama tiga hari di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur. Foto : Dari Helena untuk JPNN.com

jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan berkemah di titik nol ibu kota negara atau IKN Nusantara, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3).

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim HM Syafranuddin mengatakan Presiden Jokowi akan berkemah dengan lima gubernur sekaligus.

Adapun kelima gubernur yang berkemah dengan kepala negara berasal dari Kaltim, Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), dan Kalimantan Utara (Kaltara).

Selain menginap, Presiden Jokowi bersama para kepala daerah itu akan melakukan ritual adat yang cukup sakral.

“Kegiatan ritual serta kemah Presiden itu dilakukan Senin,” kata Syafranuddin kepada wartawan, Sabtu (12/3).

Syafranuddin menuturkan ritual adat itu berupa mengisi air dan tanah ke Kendi Nusantara.

Untuk itu, para gubernur yang ikut berkemah diperintahkan membawa air dan tanah dari daerah masing-masing.

Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di tanah Kalimantan pada Minggu (13/3) besok. Kemudian menginap dulu semalam di Balikpapan sebelum berkemah esok harinya.

Presiden Jokowi dijadwalkan berkemah di titik nol IKN Nusantara. Selain itu, ada ritual adat yang dilakukan Jokowi bersama para gubernur.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News