JPNN.com

Ada Tiga Jabatan Menteri Berpotensi Jadi Rebutan Partai Koalisi Jokowi

Selasa, 23 Juli 2019 – 19:35 WIB Ada Tiga Jabatan Menteri Berpotensi Jadi Rebutan Partai Koalisi Jokowi - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Satyo Purwanto menduga tiga jabatan menteri akan menjadi rebutan partai-partai koalisi pengusung Joko Widodo - KH Ma’ruf Amin. Ketiga jabatan yang jadi incaran itu adalah menteri BUMN, menteri ketenagarkerjaan, serta menteri desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi (Mendes PDTT).

"Pos menteri yang mengurusi BUMN, termasuk pos menteri tenaga kerja juga diincar partai. Satu lagi menteri desa," kata Satyo kepada jpnn.com, Selasa (23/7).

BACA JUGA: Menteri Hanif Seriusi Lowongan Tenaga Terampil Pertanian di Rumania

Menurut Satyo, tiga kementerian itu berkaitan dengan hajat hidup orang banyak. Selain itu, ketiga kementerian tersebut juga berinteraksi langsung dengan urusan konstituen.

"Kementerian teknis yang mengurusi hajat hidup orang banyak bakal jadi sasaran. Ketiga kementerian itu menyangkut hajat hidup orang banyak. Selain itu juga langsung bisa interaksi dengan konstituen," ucap dia.

Khusus untuk pos Mendes PDTT, kata Satya jabatan itu sangat strategis untuk Pemilu 2024. Sebab, ada dana desa di Kemendes PDTT mengalir langsung ke rakyat.

BACA JUGA: Tolak Syarat Rekonsiliasi Ala Amien Rais, Ustaz HNW Sebut Istilah Rekursiasi

"Kementerian Desa itu dibekali anggaran besar. Dia juga bisa langsung menggelontorkan anggaran ke desa langsung. Itu sangat strategis. Itu bisa membiayai program sampai ke tingkat desa," pungkas dia.(mg10/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...