Pak Jokowi, Publikasikan Saja Nama Calon Menteri dari Partai

Pak Jokowi, Publikasikan Saja Nama Calon Menteri dari Partai
Presiden Joko Widodo bersama enam Ketua Umum Parpol pendukung koalisi pemerintahan Jokowi-JK di Istana Bogor. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ujang Komaruddin menilai Presiden Joko Widodo alias Jokowi perlu mempublikasikan ke publik nama-nama calon menteri yang direkomendasikan partai politik.

Menurut Ujang, publikasi akan sangat membantu presiden dalam menjaring calon menteri yang benar-benar kompeten di bidangnya masing-masing.

"Saya kira publikasi perlu, agar masyarakat bisa menilai track record nama-nama yang diusulkan tiap-tiap parpol yang ada," ujar Ujang kepada JPNN, Selasa (23/7).

BACA JUGA: Dorong Partai Pendukung Jokowi Mulai Kenalkan Nama Calon Menteri

Dosen di Universitas Al Azhar Indonesia ini juga menilai, publikasi penting agar nantinya presiden terbebas dari opini-opini miring ketika menteri yang dipilih tidak mampu bekerja.

"Jadi, sangat penting agar publik juga bisa membandingkan dengan calon menteri dari kalangan profesional," katanya.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review ini membenarkan, memilih menteri memang hak prerogatif presiden. Namun, hasilnya akan lebih selektif jika membuka ruang bagi masyarakat memberi masukan.(gir/jpnn)


Pengamat politik Ujang Komaruddin menilai Presiden Joko Widodo perlu mempublikasikan ke publik nama-nama calon menteri yang direkomendasikan partai politik.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News