JPNN.com

Ada yang Kenal Foto di KTA Ini? Hati-hati Dia Polisi Gadungan

Selasa, 24 November 2020 – 11:49 WIB
Ada yang Kenal Foto di KTA Ini? Hati-hati Dia Polisi Gadungan - JPNN.com
Oknum tak bertanggungjawab mengaku sebagai anggota Polres Banjarbaru dan menipu korban dengan modus jasa pembuatan SIM. Foto: Muhammad Rifani/Radar Banjarmasin

jpnn.com, BANJARBARU - Jajaran Polres Banjarbaru tengah memburu seorang pria yang mengaku bernama Algi Syaputra karena melakukan penipuan dengan modus calo pembuatan kartu surat izin mengemudi (SIM).

Parahnya, dia mengaku sebagai anggota polisi yang bertugas di Polres Banjarbaru. Hal itu dilihat dari kartu tanda anggota (KTA) palsu yang digunakannya untuk menipu para korbannya.

Oknum ini menjalankan aksinya lewat platform media sosial Facebook. Akun yang digunakan diketahui bernama Algi Syaputra. Belum diketahui, apakah pengguna akun tersebut apakah dibuat orang lain atau memang milik yang bersangkutan.

Baik Pihak Polres maupun Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Banjarbaru mengklaim bahwa tidak ada anggotanya yang bernama Algi Saputra. Kini, polisi gadungan ini tengah diburu aparat.

"Kami klarifikasi bahwa itu murni bukan anggota kami. Jadi jelas murni penipuan dengan modus pembuatan kartu SIM," ujar Baur SIM Polres Banjarbaru, Aiptu I Putu Sudhiwirawan kemarin.

Kejadian ini terdeteksi beberapa waktu belakangan ini. Usai anggotanya menemukan akun facebook tersebut mengaku-ngaku sebagai anggota Polres Banjarbaru dan menawarkan pembuatan SIM.

Dalam unggahannya, oknum ini mematok tarif bervariatif sesuai jenis SIM. Misal SIM C dipatok 400 ribu rupiah, SIM A dipatok 650 ribu rupiah, kemudian SIM B1 senilai 1 juta rupiah dan SIM BII sejumlah 1,5 juta rupiah.

Setelah ditelaah pihak kepolisian, alur oknum penipu ini cukup cerdik. Sebab, ia meyakinkan korban dengan menunjukkan hasil foto kartu SIM yang selayaknya benar-benar telah terbit.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
budi