Adakah Rumah Seharga Rp 350 Juta di DKI? Nih Faktanya

Adakah Rumah Seharga Rp 350 Juta di DKI? Nih Faktanya
Deretan rumah yang sedang dalam proses pembangunan. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pernyataan Anies Baswedan tentang masih banyaknya rumah berharga Rp 350 jutaan di Jakarta langsung menuai suara miring dari para netizen. Banyak para pengguna media sosial yang meragukan pernyataan Calon Gubernur DKI dari koalisi PKS dan Gerindra itu.

Lantas apakah di Jakarta memang masih banyak rumah dengan harga di bawah Rp 350 juta? Melalui penelusuran di situs jual rumah online yakni, rumah123.com, ternyata masih ada rumah dengan harga Rp 350 juta di Jakarta.

"Berdasarkan data yang sudah diverifikasi, masih ada rumah dengan harga Rp  350 juta ke bawah di Jakarta walaupun jumlahnya tidak sampai 100 listing (dalam daftar, red)," kata General Manager rumah123.com Ignatius Untung ketika dihubungi JawaPos.com, Selasa (28/3).

Untung memerinci, untuk rumah seharga Rp 350 juta di wilayah DKI maka luas tanahnya antara 20 hingga 50 meter persegi. Hanya saja, katanya, harganya pun fluktuatif lantaran dalam sehari ada sekitar seribu rumah yang diiklankan di rumah123.com.

Lebih lanjut Untung mengatakan, untuk rumah seharga Rp 350 juta di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara tentu dalam kondisi secondary alias bukan rumah baru. "Dan terletak di dalam gang," terangnya.

Sedangkan, di daerah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur masih ada beberapa rumah yang bisa dikategorikan baru atau hampir baru dengan harga di kisaran Rp 350 juta. Tapi memang tak semua posisi rumah dengan harga di kisaran Rp 350 juta berada di gang sempit.

"Tapi untuk yang daerah Jakarta Pusat dan Utara lebih banyak seperti itu (di dalam gang sempit). Selatan dan Timur cenderung lebih baik kondisi bangunan dan posisinya," paparnya.

Seperti diketahui, Anies dalam program Mata Najwa di sebuah stasiun televii swasta, Senin (27/3) malam menyatakan, di DKI Jakarta masih ada rumah dengan harga Rp 350 juta. Menurutnya, warga bisa memilikinya dengan bantuan program dari Pemerintah Provinsi DKI.

Pernyataan Anies Baswedan tentang masih banyaknya rumah berharga Rp 350 jutaan di Jakarta langsung menuai suara miring dari para netizen. Banyak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News