Ade Purnama si Penggagas Sahabat Museum

Wadah Belajar Sejarah dengan Cara Enjoy dan Funky

Ade Purnama si Penggagas Sahabat Museum
Berfoto di depan bangkai Kapal Perang Jepang "Tosimaru" yang hancur dibom pesawat Amerika Serikat pada tahun 1944, di Pantai Kao, Halmahera Utara, Maluku Utara. Foto; Sahabat Museum for Jawa Pos
Ada satu komunitas di Jakarta yang menghimpun siapa saja yang ingin belajar sejarah dengan cara lebih santai sambil pelesiran. Bahkan, bisa berpelesir hingga ke Belanda. Biayanya pun relatif murah.

==========================
  M. HILMI SETIAWAN, Jakarta
==========================

OLEH Ade Purnama, komunitas yang dia dirikan pada 31 Agustus 2002 diberi nama Sahabat Museum. Sesuai dengan namanya, kegiatan komunitas itu memang tidak jauh-jauh dari museum. Kegiatan andalannya adalah Plesiran Tempo Doeloe.

"Kami ingin, melalui komunitas ini, orang semakin mencintai sejarah dan kebudayaan kita," kata Ade yang lulusan Sastra Belanda Universitas Indonesia (UI).

Untuk bergabung dengan komunitas itu, Ade dan teman-temannya tak memberlakukan aturan yang kaku dan ribet. "Sahabat Museum tak punya kantor," kata lajang kelahiran Denpasar, 20 Agustus 1976, itu.

Ada satu komunitas di Jakarta yang menghimpun siapa saja yang ingin belajar sejarah dengan cara lebih santai sambil pelesiran. Bahkan, bisa berpelesir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News