Adian Memang Layak Jadi Menteri Jokowi, tetapi Bukan Pilihan PDIP

Adian Memang Layak Jadi Menteri Jokowi, tetapi Bukan Pilihan PDIP
Adian Napitupulu. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ujang Komarudin menyebut sosok Adian Napitupulu dianggap pantas menjadi menteri di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) - Ma'ruf Amin. Sebab, Adian sukses terpilih sebagai anggota legislatif dari daerah Jawa Barat V.

Menurut Ujang, lolosnya Adian menandakan aktivis 1998 itu memiliki basis massa kuat. Selain itu kelolosan Adian menandakan dirinya memiliki loyalis yang banyak.

"Kalau rekan sesama aktivis menyetujui, Pak Jokowi mau, ya, silakan saja. Kan Adian juga sukses menjadi anggota DPR. Dia sudah terpilih. Kalau ada peluang, perlu dicoba," kata Ujang saat dihubungi, Selasa (2/7).

BACA JUGA: Menurut Anda, Layakkah Adian Napitupulu menjadi Menteri Agraria?

Meski dianggap layak, Ujang memprediksi Adian tidak akan terpilih menjadi menteri Jokowi - Ma'ruf. Partai tempat Adian bernaung yakni PDIP, diyakini Ujang, bakal menyodorkan sosok lain.

"Sekarang tergantung dari partai dalam hal ini PDIP. PDIP merekomendasikan tidak. Dugaan saya PDIP akan merekomendasikan sosok lain," ucap dia.

Sebelumnya Presiden Jokowi memberi sinyal akan mengangkat menteri dari kalangan aktivis untuk kabinetnya ke depan. Jokowi mengaku saat ini belum ada menteri dari kalangan aktivis.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri acara rembuk nasional Aktivis 1998 di Hotel Sahid Jakarta, Minggu (16/6). Menurutnya, tak sedikit mantan aktivis reformasi yang kini sudah menduduki jabatan penting baik di pemerintahan, parlemen, hingga perusahaan.

Pengamat politik Ujang Komarudin menyebut sosok Adian Napitupulu dianggap pantas menjadi menteri di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) - Ma'ruf Amin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News