Adian: Total Utang BUMN Jauh Lebih Besar Ketimbang Utang Malaysia

Adian: Total Utang BUMN Jauh Lebih Besar Ketimbang Utang Malaysia
Adian Napitupulu saat wawancara dalam program Ngomongin Politik (NGOMPOL) JPNN.com. Foto: Fais Nasruloh

jpnn.com, JAKARTA - Politikus PDI Perjuangan Adian Napitupulu menyoroti kinerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ia bahkan membandingkan besaran utang perusahaan-perusahaan pelat merah itu, jauh lebih tinggi ketimbang total utang luar negeri Malaysia. 

Adian menyebut total utang perusahaan milik negara yang kini di bawah koordinasi Menteri BUMN Erick Thohir, telah mencapai Rp 5.600 triliun. Sementara total utang luar negeri Malaysia hanya ada di kisaran Rp 3.500 triliun. 

Adian mengungkapkan pandangannya dalam sebuah tulisan panjang yang diberi judul 'BUMN dan UMKM Dalam Cerita dan Angka, Siapa Pahlawan Sesungguhnya?'

Tulisan tersebut diterima jpnn.com, Jumat (12/6) siang. Berikut sajian lengkapnya:

Mana yang lebih banyak, utang BUMN atau utang luar negeri Malaysia? Jangan kaget ya, total utang BUMN sekitar Rp 5.600 triliun, sementara total utang luar negeri Malaysia ada di kisaran Rp 3.500 triliun. 

Prok.... prok ....  Ayo tepuk tangan karena BUMN ternyata juara, unggul Rp 2.100 triliun mengalahkan Malaysia. Mungkin ada yang coba ngeles dengan membedakan asal utang, tetapi utang mau dari tetangga, dari mertua atau dari Bank, utang ya tetap saja utang.

Kenapa utang BUMN sedemikian besar? Ada yang bilang karena korupsi, ada yang katakan karena tidak efisien, tidak produktif dan lain lain.

Tanggal 5 Desember 2019, di media, Erick Thohir sempat "mengeluh" bahwa BUMN banyak diisi pensiunan. Konon di media, menurut Erick itu tidak sesuai dengan visi misi Presiden. Erick juga menjelaskan bahwa 58 persen penduduk Indonesia diisi angkatan muda (menurut PP 45/2015 usia pensiun itu 56 tahun) Mungkin saja ini menjadi sebab tidak produktif nya BUMN.

Politikus PDI Perjuangan Adian Napitupulu menyoroti kinerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN), terutama terkait besaran utang perusahaan pelat merah itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News