Adik Thaksin Resmi Calon PM Thailand

Adik Thaksin Resmi Calon PM Thailand
Adik Thaksin Resmi Calon PM Thailand
BANGKOK - Yingluck Shinawatra akhirnya resmi menjadi pesaing Perdana Menteri (PM) Abhisit Vejjajiva dalam pemilihan umum (pemilu) Thailand pada 3 Juli mendatang. Kemarin (16/5), bungsu sembilan bersaudara dalam keluarga pasangan Lert dan Yindee Shinawatra itu resmi dinobatkan sebagai kandidat PM dari partai oposisi Phak Phuea Thai.

Penunjukan Yingluck sebagai kandidat PM itu baru kali pertama terjadi di Thailand. Jika Phak Phuea Thai menang dalam pemilu nanti, adik mantan PM Thaksin Shinawatra itu bakal menjadi perempuan pertama yang menjadi kepala pemerintahan di Negeri Gajah Putih tersebut. Jika itu yang terjadi, bisa dipastikan bahwa Thaksin akan kembali ke panggung politik Thailand.

Selesai menjalani penobatan kemarin, perempuan 43 tahun tersebut menyampaikan pidato pertamanya sebagai kandidat PM Thailand. "Saya siap untuk berjuang sesuai dengan peraturan yang berlaku. Saya akan menggunakan kesempatan ini untuk mengekspresikan diri dengan maksimal. Saya butuh dukungan Anda semua, seperti yang pernah Anda berikan kepada kakak saya," tuturnya dalam jumpa pers.

Sebagai politikus perempuan, Yingluck berjanji akan memberikan sentuhan feminin dalam politik Thailand. "Saya akan memanfaatkan sisi feminin yang saya miliki demi kebaikan negeri ini," janji pebisnis perempuan itu usai penobatan di Bangkok kemarin.

BANGKOK - Yingluck Shinawatra akhirnya resmi menjadi pesaing Perdana Menteri (PM) Abhisit Vejjajiva dalam pemilihan umum (pemilu) Thailand pada 3

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News