Adopsi Teknologi Makin Tinggi, Produktivitas UMKM Meningkat

Adopsi Teknologi Makin Tinggi, Produktivitas UMKM Meningkat
Teknologi membantu meningkatkan ekonomi sektor UMKM. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Laboratorium Telekomunikasi Radio dan Gelombang Mikro STEI-ITB mengatakan penggunaan internet broadband terus mengalami peningkatan.

Data We Are Social Februari 2022 menyebut jumlah pengguna telpon selular di Indonesia sudah mencapai 370,1 juta atau 133,3 persen dari total populasi.

Selain itu, sekitar 204 juta atau 73,7 persen sudah mengakses broadband internet. Kecepatan internet melalui selular juga mengalami perbaikan menjadi 15,82Mbps.

"Penetrasi broadband yang makin luas meningkatkan ekonomi digital baru seperti munculnya e-dagang," ucap Ridwan dalam keterangan yang diterima, Selasa (22/2/).

Menurutnya, pengguna e-dagang di Indonesia pada Februari 2022 sudah mencapai 158,6 juta pengguna atau tumbuh 14,9 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Nilai transaksi juga meningkat 59,4 persen atau USD 20 miliar menjadi USD 53,81 miliar.

Ridwan menyebut adopsi teknologi tersebut terjadi di kota maupun di desa.

"Meningkatkan produktivitas dan perekonomiannya. Seperti UMKM di  seluruh pelosok nusantara  dapat menjual produknya ke pasar internasional," bebernya.

Ketua Laboratorium Telekomunikasi Radio dan Gelombang Mikro STEI-ITB mengatakan penggunaan internet broadband terus mengalami peningkatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News