UMKM Bangkit, BRI Optimistis Hadapi Tantangan Ekonomi 2022

UMKM Bangkit, BRI Optimistis Hadapi Tantangan Ekonomi 2022
Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan kebangkitan UMKM jadi angin segar bagi perseroan. Foto: BRI

jpnn.com, JAKARTA - Kebangkitan UMKM menjadi angin segar bagi pertumbuhan bisnis PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Direktur Utama BRI Sunarso menyatakan kebangkitan UMKM sekaligus merefleksikan kuatnya pemulihan ekonomi Indonesia yang dipercaya menjadi Presidensi G20 dengan tema Recover Together, Recover Stronger pada tahun ini.

Melalui tema Presidensi G20 tersebut, Indonesia mengajak seluruh dunia untuk bahu-membahu, saling mendukung untuk pulih bersama serta tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan.

Sektor UMKM yang menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia dilihat telah mampu beradaptasi dan mulai pulih dengan baik di kondisi pandemi Covid-19.

Riset Indeks Bisnis UMKM BRI membeberkan hasil yang mencapai level optimistis dengan skor melebihi 100 pada kuartal IV-2021.

Pertama, indeks bisnis UMKM secara mikro yang mengukur volume produksi, total nilai penjualan, rata-rata harga jual, pesanan, pemesanan barang input, persediaan barang jadi, rata-rata jumlah karyawan, hingga realisasi investasi mendapat hasil yang memuaskan.

Kedua, indeks sentimen bisnis UMKM yang menggali skor terhadap kondisi ekonomi makro. Pelaku UMKM menyatakan kondisi perekonomian nasional hingga kondisi usaha telah mengalami perbaikan.

Ketiga, penilaian pelaku UMKM terhadap kinerja pemerintah dalam penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi.

Kebangkitan UMKM menjadi angin segar bagi pertumbuhan bisnis PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News