Adrinof: Wajar Masyarakat Hujat Jokowi

Adrinof: Wajar Masyarakat Hujat Jokowi
Warga Kampung Melayu korban banjir sebagian mengungsi di bawah Flyover Jalan Kampung Melayu, Rabu (16/1). Foto: Ade Sinuhaji/JPNN
JAKARTA - Pengamat kebijakan publik dari Universitas Indonesia (UI), Andrinof Chaniago mengatakan yang paling realistis dilakukan untuk mengatasi masalah Jakarta adalah memindahkan pusat pemerintahan. Jakarta menurut Andrinof, tidak bisa berbenah jika pusat pemerintahan masih ada di dalamnya.

“Saya mendukung berbagai upaya untuk memindahkan ibukota, karena itu yang paling realistis untuk dilaksanakan guna mengatasi masalah Jakarta. Tanpa dipindahkan maka masalah Jakarta tidak akan bisa diselesaikan. Bagaimana mungkin berbenah dengan benar sementara kegiatan masih terus berlangsung. Ini harus jadi prioritas jangka panjang,” kata Andrinof, saat dihubungi JPNN, Rabu (16/1) .

Untuk program jangka menengah menurut Andrinof, Jokowi harus segera mengindentifikasi masalah dengan sistemik karena selama ini identifikasi masalah Jakarta belum benar-benar mendalam. ”Identifikasi dan laksanakan langsung programnya jangan ditunda jika memang anggaran sudah disetujui,” tegas dia.

Di saat Jakarta sedang mengalami banjir ini, saran dia, Jokowi harus benar-benar mampu membantu para korban banjir. ”Para korban banjir harus benar-benar diperhatikan seperti kesehatan, makanan dan juga obat-obatan. Ini tidak bisa ditunda dan harus segera dilaksanakan,” imbuhnya.

JAKARTA - Pengamat kebijakan publik dari Universitas Indonesia (UI), Andrinof Chaniago mengatakan yang paling realistis dilakukan untuk mengatasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News