Advokat Perumahan Optimistis soal Kemampuan Anies Sediakan Hunian Layak bagi Rakyat

Advokat Perumahan Optimistis soal Kemampuan Anies Sediakan Hunian Layak bagi Rakyat
Bakal capres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan menjadi pembicara pada talk show bersama Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) di Jakarta, Jumat (10/11/2023). Foto: supplied for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Housing and Urban Development (The HUD) Institute Muhammad Joni meyakini bakal capres Pemilu 2024 Anies Baswedan mampu mengatasi persoalan perumahan rakyat jika kandidat dari Koalisi Perubahan itu terpilih menjadi Presiden ke-8 RI.

Joni yang juga dikenal sebagai advokat bidang perumahan itu beralasan Anies sudah memetakan persoalan backlog (selisih antara kebutuhan masyarakat dengan ketersediaan rumah) yang mencapai 12,7 juta unit sekaligus menyiapkan solusinya.

Menurut Joni, mantan gubernur DKI Jakarta itu memegang dua kunci pokok dalam program perumahan.

“Kata kunci pokok kebijakan itu ialah transformasi perumahan rakyat dalam pembangunan perkotaan, dan reformasi pembiayaan alternatif pro-perumahan rakyat,” ujar Joni pada Sabtu (11/11/2023).

Lebih lanjut Joni mengatakan Anies telah memetakan masalah backlog dan solusinya. Tidak hanya berupaya mengatasi backlog, Anies juga menargetkan waktu penyelesaiannya.

“Dia juga menyampaikan strategi dan terobosan. Jadi, konkret bukan cuma gagasan kebijakan. Langsung kepada karya dan kapan timeline dilaksanakan, berapa lama dibereskan," tutur Joni.

Pada Jumat (10/11/2023), Anies menjadi pembicara pada bincang-bincang bertema ‘Masa Depan Penyediaan Rumah Rakyat pada Pemerintahan yang Akan Datang’ di Harmoni, Jakarta Pusat. Acara itu digagas oleh Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (APERSI).

Joni mengaku menyimak setiap program yang ditawarkan Anies dalam bincang-bincang tersebut. Menurut Joni, sebenarnya Anies semasa masih menjadi gubernur DKI sudah membuktikan program tersebut.

Advokat perumahan Muhammad Joni menyatakan Anies Baswedan pernah membuat terobosan bernama JakHabitat demi menyediakan hunian layak bagi rakyat Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News