AFC Pilih Pemain Terbaik Asia 2010

Bukan Milik Pemain Bintang

AFC Pilih Pemain Terbaik Asia 2010
TERBAIK - Sasa Ognenovski dan rekan-rekannya dari Seongnam Ilhwa Chunma, pada salah satu laga Liga Champions Asia, di Melbourne, beberapa waktu lalu. Foto: Mark Dadswell/Getty Images AsiaPac.
KUALA LUMPUR - Keisuke Honda bersinar bersama timnas Jepang di Piala Dunia 2010. Honda sekaligus tampil gemilang bersama CSKA Moskow. Gelandang Korea Selatan (Korsel), Park Ji-sung, juga menawan bersama Manchester United, begitu pula gelandang Australia, Tim Cahill, di Everton. Namun, tidak satu pun dari ketiga pemain itu yang terpilih sebagai pemain terbaik Asia tahun ini.

Predikat itu justru diterima Sasa Ognenovski, pemain asal Australia, dalam acara penganugerahan di Kuala Lumpur, tadi malam WIB (24/11). Dia adalah bek tengah klub Seongnam Ilhwa di Korsel. Kendati mengantarkan Seongnam jawara Liga Champions Asia tahun ini, plus dirinya terpilih sebagai pemain terbaik turnamen, nama pemain 31 tahun itu memang masih asing didengar.

Keputusan AFC (Konfederasi Sepak Bola Asia) memberikan award kepada Ognenovski, sebenarnya memicu kontroversi. Itu karena AFC membuat kebijakan bahwa hanya pemain yang hadir di Kuala Lumpur yang berhak memenangi titel. Alasannya, adalah demi menghormati award.

Honda, Park, dan Cahill, sebenarnya masuk dalam daftar nominasi awal bersama 12 pemain lainnya, yang dirilis AFC awal bulan ini. Namun, ketiganya otomatis tidak terpilih, karena lebih memprioritaskan membela klub masing-masing di Eropa, meski telah mengirim permintaan maaf.

KUALA LUMPUR - Keisuke Honda bersinar bersama timnas Jepang di Piala Dunia 2010. Honda sekaligus tampil gemilang bersama CSKA Moskow. Gelandang Korea

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News