Agama Bukan Penghambat Modernisasi

Agama Bukan Penghambat Modernisasi
Agama Bukan Penghambat Modernisasi
JAKARTA—Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali menyatakan, agama bukanlah penghambat proses modernisasi. Hal ini terkait dengan adanya pernyataan dari beberapa pihak bahwa agama, khususnya Islam, dianggap sebagai penghambat jalannya modernisasi di dunia.

“Itu jelas pemikiran yang salah. Pemikiran seperti itu sengaja dikembangkan di tengah lapisan masyarakat agar pemikiran masyarakat menjadi salah,” ujar Suryadharma di Jakarta, Selasa (24/1).

Salah satu contohnya, Islam dinilai tidak mendukung kesetaraan gender yang merupakan hasil dari pemikiran orang asing. Padahal, lanjut Suryadharma, Islam justru datang untuk membebaskan semua laki-laki maupun perempuan dari ketertinggalan, kehinaan, dan kebodohan. Bahkan, menjadikan manusia berakhlak punya harkat dan martabat.

“Semua agama pasti mengajarkan seperti itu. Akan tetapi, bagaimana pun perbedaan itu tetap harus ada. Bayangkan kalau laki-laki harus sama kayak perempuan, bagaimana bisa? Jadi tetap harus ada perbedaan. Fitrah masing-masing yang tidak bisa kita cegah. Jadi hati-hati jangan sampai masuk ke dalam masyarakat kita,” ungkapnya.

JAKARTA—Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali menyatakan, agama bukanlah penghambat proses modernisasi. Hal ini terkait dengan adanya pernyataan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News