Agriventure: Urban Farming Kaum Milenial di Perkotaan

Agriventure: Urban Farming Kaum Milenial di Perkotaan
Ajang agriventure Program Studi Agribisnis Universitas Surya. Foto: for JPNN.com

jpnn.com, TANGERANG - Program Studi Agribisnis Universitas Surya mengadakan kegiatan yang bernama agriventure dengan tema Urban Farming di marketing gallery pacific garden, Alam Sutera, Tangerang, akhir pekan lalu.

Tujuan dari agriventure ini sebagai perantara untuk mengajak masyarakat dan khususnya anak muda di kota besar (Jabodetabek) untuk bercocok tanam dengan konsep pertanian modern dan mandiri, yaitu metode hidroponik.

Metode tersebut merupakan salah satu teknik bercocok tanam yang mudah, tidak menggunakan media tanah dan tidak membutuhkan tempat yang luas. Metode ini menjadi solusi bercocok tanam yang tepat di lingkungan perkotaan yang didominasi oleh bangunan dan perumahan.

Para peserta yang berasal dari berbagai daerah di Jabodetabek ini diperkenalkan konsep dasar dan langsung mempraktekkan metode hidroponik. Nah, dengan ini pemikiran tentang pertanian yang berkesan kuno, kotor, repot, butuh lahan luas dan hanya berada di pedesaan bisa berubah.

Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat di kota mulai bercocok tanam (grow your own food) dan menjadikannya menjadi sebuah gaya hidup (lifestyle).

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa pembicara yaitu Andreas Senjaya dari i-Grow dan Soeparwan dari FAM Organic.

Agriventure: Urban Farming Kaum Milenial di Perkotaan

"Kami berharap kegiatan ini dapat memotivasi dan menginspirasi para kaum muda agar lebih terbuka wawasannya mengenai pertanian (organik dan modern), karena ke depannya masyarakat akan berlomba-lomba untuk mencari makanan yang sehat dan makanan yang sehat itu didapatkan dari tanaman yang kita tanam sendiri," tutur Soeparwan. (su/jpnn)

Ajang agriventure mengajak masyarakat khususnya anak muda di Jabodetabek untuk bercocok tanam dengan konsep pertanian modern.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News