Ahmad Ali Optimistis 2024 Sulteng jadi Pusat Industri Manufaktur

Ahmad Ali Optimistis 2024 Sulteng jadi Pusat Industri Manufaktur
Ketua Fraksi Nasdem DPR RI Ahmad M Ali. Foto: Instagram

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Fraksi Nasdem DPR RI Ahmad M Ali optimistis Sulawesi Tengah (Sulteng) menjadi pusat industri manufaktur di Pulau Sulawesi pada 2024 mendatang.

“Saya optimistis tahun 2024 daerah (Sulteng, red) ini akan menjadi pusat industri manufaktur di Pulau Sulawesi,” kata Ali dalam pesan elektroniknya, Rabu (26/6).

Bendahara Umum Partai Nasdem itu menuturkan provinsi tersebut memiliki cadangan sumber daya alam nikel hingga gas bumi. Hal itu akan memicu daerah tersebut menjadi pusat basis pertumbuhan strategis.

“Sulawesi Tengah memiliki keunggulan komparatif dengan cadangan sumber daya nikel pig iron, biji besi dan gas yang sangat bisa diandalkan," paparnya.

BACA JUGA: NasDem: Pembangunan Hunian Tetap Pascabencana Sulteng Harus jadi Prioritas

Menurut Ali, Sulteng merupakan provinsi terbesar di Pulau Sulawesi. Luas daratan mencapai 68,033 kilometer persegi. Luas laut 189,480 kilometer persegi.

Wilayah itu memiliki tantangan dari sisi konektivitas, mencakup semenanjung bagian timur dan sebagian semenanjung bagian utara serta Kepulauan Togean di Teluk Tomini dan pulau-pulau di Banggai Kepulauan di Teluk Tolo hingga ke perbatasan Sulteng.

Menurut Ahmad Ali, sebagian besar daratan di provinsi ini juga berupa pegunungan yakni 42,80 persen berada di atas ketinggian 500 meter dari permukaan laut. Kataposa adalah gunung tertinggi dengan ketinggian 2.835 meter dari permukaan laut.

Ketua Fraksi Nasdem DPR RI Ahmad M Ali optimistis Sulawesi Tengah (Sulteng) menjadi pusat industri manufaktur di Pulau Sulawesi pada 2024 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News