Ahmad Basarah Sebut Megawati Tak Mau Ketua MPR Dipilih Lewat Voting

Ahmad Basarah Sebut Megawati Tak Mau Ketua MPR Dipilih Lewat Voting
Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah menjadi narasumber Focus Group Discussion (FGD) bertajuk "Menyelamatkan Agenda Demokrasi Bangsa" bersama Persatuan Alumni GMNI di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (2/5). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengatakan ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri menginginkan ketua MPR RI periode 2019-2024 dipilih secara aklamasi.

"Bu Mega menginginkan pimpinan MPR itu dililih secara aklamasi, bukan secara voting," kata Basarah di Sanur, Bali, Minggu (11/8).

Basarah melanjutkan, salah satu instrumen untuk menuju aklamasi ialah melewati musyawarah mufakat. Wakil Ketua MPR RI menyadari harus ada dialog dengan semua unsur di DPD, Koalisi Indonesia Kerja dan Koalisi Adil Makmur.

BACA JUGA: Hasto Bilang, Bu Megawati Akan Serahkan Langsung ke Presiden Jokowi

Mengenai peluang oposisi menjadi ketua MPR, menurut Basarah, hal itu bisa saja terjadi. Basarah sendiri mengaku pihaknya legawa sepanjang usul amandemen terbatas UUD 1945 dengan MPR RI sebagai lembaga tertinggi negara dengan kewenangan menetapkan Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN).

Meski demikian, kata Basarah, susunan pimpinan MPR saat ini tengah dalam proses penggalangan. Akhirnya nanti ketua umum partai politik dan Presiden Jokowi akan mengadakan pertemuan membahas hal tersebut.

"Di dalam forum itu pertemuan itu semua akan dimusyawarahkan semuanya akan diambil keputusan-keputusan secara mufakat. Saya yakin dengan niat naik untuk menjaga keutuhan bangsa, menjaga pesatuan bangsa, insyaallah segala ikhtiar untuk menyatukan semua kekuatan bangsa ini bisa dicapai dalam forum musyarah mufakat," jelas dia. (tan/jpnn)


Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengatakan ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri menginginkan ketua MPR RI periode 2019-2024 dipilih secara aklamasi.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News