Ahmadinejad Siap Kooperatif

Ahmadinejad Siap Kooperatif
Foto : REUTERS
TEHERAN - Mahmoud Ahmadinejad melunak. Presiden Iran itu menyambut baik kesepakatan yang ditawarkan pihak Barat terkait pengayaan uranium di Wina. Sikap Iran berubah dari konfrontasi menjadi kooperatif ketika keenam negara menghapus desakan penutupan pengayaan uranium Iran menjadi kerjasama yang saling menguntungkan.

"Kami menyambut (kesepakatan) pertukaran bahan bakar, kerjasama nuklir, pembangunan pembangkit tenaga beserta reaktor (nuklir). Kami siap bekerjasama," ujar Ahmadinejad dalam pidatonya di Kota Mashhad secara langsung di stasiun televisi pemerintah seperti dikutip AFP kemarin (29/10).

Menurut Ahmadinejad saat ini Badan Atom Internasional (IAEA) kembali ke posisi semula yang lebih netral. Yaitu membantu negara independen, termasuk Iran, menciptakan hubungan yang sehat dengan bangsa lain. Ahmadinejad juga menegaskan bahwa negaranya bisa kembali bersikap sebaliknya jika kesepakatan itu tak seperti yang dijanjikan.

"Pihak Barat sebelumnya mengadopsi kebijakan konfrontasi dan ancaman. Tetapi hari ini (29/10) semua itu berubah dan kami menyambutnya," tandas Ahmadinejad.  "Kami menerima uluran tangan yang jujur tanpa kebohongan. Tetapi jika hal itu tak terbukti (maka) respons kami akan sama seperti yang kami berikan kepada George W. Bush dan kroninya," lanjut mantan Wali Kota Teheran itu.

TEHERAN - Mahmoud Ahmadinejad melunak. Presiden Iran itu menyambut baik kesepakatan yang ditawarkan pihak Barat terkait pengayaan uranium di Wina.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News