Cabut Gelar dan Penghargaan Thaksin

Cabut Gelar dan Penghargaan Thaksin
foto : internet
BANGKOK - Pemerintah Thailand semakin serius menyikapi pembangkangan mantan Perdana Menteri (PM) Thaksin Shinawatra terhadap keputusan negara. Dalam waktu dekat, mereka berencana mencabut seluruh penghargaan kerajaan yang pernah dianugerahkan kepada PM terkudeta tersebut. Termasuk, gelarnya di kepolisian.

"Dewan Negara (lembaga penasihat hukum pemerintah) telah memerintahkan Kantor Polisi Nasional mencabut jabatan letkol Thaksin di kepolisian, saat dia bergabung pada periode 1973-1987 lalu," ujar PM Abhisit Vejjajiva, seperti dikutip Agence France-Presse kemarin. Konon, rekomendasi tertulis dari Dewan Negara sudah terbit dan diserahkan ke Kantor Polisi Nasional.

Selain itu, dua gelar kerajaan tertinggi yang pernah dianugerahkan kepada Thaksin juga akan segera dicabut. Yakni, The Most Exalted Order of the White Elephant dan The Most Illustrious Order of King Chula Chonklao.

Meski kebijakan tersebut muncul tidak lama setelah PM Kamboja Hun Sen membuat Abhisit geram atas undangannya untuk Thaksin, Thailand membantah keterkaitan antara dua hal tersebut. Pemimpin 45 tahun itu menegaskan bahwa tujuan pencabutan gelar dan jabatan kepolisian tersebut bukan untuk mempermalukan Thaksin. Apalagi, menjatuhkan citranya di mata publik.

BANGKOK - Pemerintah Thailand semakin serius menyikapi pembangkangan mantan Perdana Menteri (PM) Thaksin Shinawatra terhadap keputusan negara. Dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News