Indonesia Janji Bantu Perdamaian Afghanistan

Indonesia Janji Bantu Perdamaian Afghanistan
Indonesia Janji Bantu Perdamaian Afghanistan

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berjanji akan membantu perdamaian di Afghanistan. Salah satu upaya yang akan dilakukan ialah membicarakan perdamaian di negara muslim itu ke tingkat internasional.

"Presiden SBY menyampaikan melalui Duta Besar RI untuk Afghanistan, bahwa sebagai negara sahabat, Indonesia akan memberitahu dunia internasional tentang perlunya perdamaian di Afghanistan," kata Menlu Marty Natalegawa, usai mendampingi SBY menerima Dubes RI untuk Afghanistan, Erman Hidayat, di kantor kepresidenan, Rabu (28/10).

Sesuai pidato pertama SBY saat dilantik 20 Oktober 2009 lalu, Indonesia akan memerankan politik luar negeri bebas aktif, sebab Indonesia memiliki peran strategis tanpa musuh. "Indonesia akan mempromosikan perdamaian di dunia, termasuk langkah mendamaikan keadaan di Afghanistan," ucap Marty.

Dikatakan pula, sehubungan dengan itu, Indonesia akan memperkuat perwakilan pemerintah di Kabul. "Tahap awal, Indonesia mendengarkan apa saja yang bisa dilakukan untuk membantu percepatan perdamaian di Afghanistan, termasuk di Timur Tengah pada umumnya. Tentunya, bantuan akan dilihat dari kemampuan kita, serta akan diselaraskan dengan bantuan yang sudah dilakukan oleh dunia internasional," ujar Marty pula. (gus/JPNN)


JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berjanji akan membantu perdamaian di Afghanistan. Salah satu upaya yang akan dilakukan ialah membicarakan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News