Ahok: Dana Operasional Bisa Buat Beli Tas Hermes

Ahok: Dana Operasional Bisa Buat Beli Tas Hermes
Ahok: Dana Operasional Bisa Buat Beli Tas Hermes

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama menilai temuan FITRA terkait anggaran operasionalnya bukanlah sesuatu yang luar biasa. Pasalnya, temuan FITRA hanya menunjukan nominal anggaran operasional yang memang telah menjadi hak kepala daerah.

Menurut pria yang akrab disapa Ahok ini, sebenarnya dana operasional bisa digunakan oleh kepala daerah untuk keperluan apapun. Baik untuk membeli barang-barang mewah atau dibagi-bagikan kepada warga tidak mampu.

"Kalau kami beli baju, tas Hermes dan merek mahal dari dana operasional itu pun bisa, ada yang namanya dana lain-lain, bebas. Saya bisa beli apa saja tapi enggak bisa bayar anak saya sekolah, itu baru aneh," kata Ahok kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (25/7).

Jumlah dana operasional yang dianggarkan, lanjut Ahok, juga telah sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2000 tentang Kedudukan Keuangan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Peraturan menyebutkan bahwa kepala daerah berhak mendapat dana operasional maksimal 0,15 persen dari pendapatan asli daerah (PAD).

Untuk tahun 2013, Pemprov DKI Jakarta menganggarkan Rp 26,6 miliar atau 0,1 persen dari PAD.

Ahok pun menilai FITRA memanfaatkan ketidaktahuan masyarakat tentang ketentuan dana operasional. FITRA dinilai berusaha membentuk opini publik bahwa pemerintahan Jokowi boros anggaran.

"Kalau tahun depan lebih tinggi lagi karena berarti PAD-nya naik. Kalau memang jago anggaran, kenapa harus membangun opini seperti itu? FITRA baru boleh teriak-teriak ketika kami pakai 0,2 persen. Itu baru temuan," tegas Ahok ketus.

Lebih lanjut Ahok meminta komentar-komentar FITRA tidak diekspos terlalu besar oleh media massa. Pasalnya, ia curiga FITRA sedang berusaha mencari sensasi untuk meningkatkan popularitas.

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama menilai temuan FITRA terkait anggaran operasionalnya bukanlah sesuatu yang luar biasa. Pasalnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News