Ahok Ingin Pelaksanaan Unas Gunakan Sistem CAT

Ahok Ingin Pelaksanaan Unas Gunakan Sistem CAT
Ahok Ingin Pelaksanaan Unas Gunakan Sistem CAT

jpnn.com - JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ingin pelaksanaan ujian nasional (Unas) bisa menggunakan sistem computer assisted test (CAT). Apalagi, saat ini banyak pelajar yang sudah menggunakan laptop. 

"Di beberapa sekolah juga kami uji coba yang dengan komputer. Memang saya kira ke depan ujian bisa mengarah ke sini (menggunakan komputer). Jadi sama seperti kami menerima PNS menggunakan sistem CAT," kata Ahok setelah meninjau pelaksanaan Unas di Santa Ursula, Jakarta, Senin (13/4). 

Mantan Bupati Belitung Timur itu menyatakan, dengan sistem CAT, maka para ‎siswa bisa langsung melihat hasil ujiannya. Penerapan sistem ini, sambung Ahok, juga bisa menghindari kecurigaan adanya kecurangan dalam pelaksanaan ujian.

"Jadi tidak ada curiga, ada pergantian nilai atau apa. Dari situ monitornya juga lebih gampang, bisa ketahuan anak ini sampai di mana," ‎tandasnya.

Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan DKI, tercatat 121.457 siswa yang berasal dari 1.159 sekolah di wilayah ibu kota ikut Unas SMA dan sederajat tahun ini. Rinciannya, 51.294 siswa di 461 SMA; 64.314 siswa di 596 SMK; 5.780 siswa di 91 Madrasah Aliyah dan 69 siswa di 11 SMA Luar Biasa.

Unas ‎tahun ini beberapa sekolah di Jakarta sudah mulai berbasis computer atau online. Namun, sebagian besar masih bersifat konvensional.‎ (gil/jpnn)‎


JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ingin pelaksanaan ujian nasional (Unas) bisa menggunakan sistem computer assisted


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News