Ahok Raup 24 Persen Suara NU, Muhammadiyah 16 Persen

Ahok Raup 24 Persen Suara NU, Muhammadiyah 16 Persen
Ahok-Djarot. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com -Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono unggul di mayoritas segmen pemilih muslim pada survei yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA pada 5-11 Januari lalu.

Calon gubernur yang berpasangan dengan calon Wakil Gubernur Sylviana Murni ini, hanya kalah di segmen pemilih muslim berpendidikan tinggi.

"Agus kalah di segmen responden muslim berpendidikan tinggi. Responden yang memilihnya sekitar 26,5 persen. Kalah dengan Anies di urutan teratas (34,3 persen) dan Basuki Tjahaja Purnama (27,1 persen)," ujar Ardian Sopa, peneliti LSI Denny JA saat merilis hasil survei di Jakarta, Selasa (24/1).

Di luar dari segmen pemilih berpendidikan tinggi, Agus kata Ardian, unggul di semua segmen. Misalnya di segmen organisasi atau kelompok keagamaan, cagub yang diusung Koalisi Cikeas ini unggul dari pemilih muslim yang bernaung di Nahdlatul Ulama (NU).

"Di muslim NU, Agus mendapatkan 39,6 persen, Ahok 24,6 persen dan Anies 25,3 persen. Sedangkan di segmen pemilih Muhammadiyah, Agus bersaing dengan Anies. Agus mendapat 27,8 persen, sama dengan Anies juga 27,8 persen. Sementara Ahok 16,6 persen," ucap Ardian.

Selain itu, di segmen muslim berpenghasilan di bawah Rp 3,5 juta, Agus menurut Ardian didukung hingga 40,1 persen responden. Urutan kedua ditempati Ahok 27,1 persen dan Anies (21,4 persen).

"Demikian juga pemilih muslim berpenghasilan Rp 3,5 juta ke atas, Agus unggul dengan memperoleh 37,1 persen. Kemudian Anies 29,4 persen dan Ahok 27,8 persen. Sementara di pemilih muslim pendidikan sampai SMA, Agus mendapatkan 41,8 persen, Ahok 28,2 persen dan Anies 20,9 persen," tutur Ardian.

LSI Denny JA menggelar survei terkait Pilkada DKI pada 5-11 Januari lalu, dengan melibatkan 880 responden. Survei dilakukan tatap muka dengan menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error lebih kurang 3,4 persen. (gir/jpnn)


Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono unggul di mayoritas segmen pemilih muslim pada survei yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News