Ahok Sebut Tidak Ada Kendala Penerapan Ujian Online

Ahok Sebut Tidak Ada Kendala Penerapan Ujian Online
Ahok Sebut Tidak Ada Kendala Penerapan Ujian Online

jpnn.com - JAKARTA - Sejumlah sekolah di Jakarta melaksanakan ujian nasional (UN) online (CBT/Computer Based Test). Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan‎, tidak ada kendala penerapan sistem CBT pada saat UN.

"Saya kira engak ada kendala ya, selama sistemnya benar. ‎Justru saya kira komputer kan makin lama makin murah, sampai semua anak sekolah punya laptop. Itu kan enggak butuh komputer yang teknologi canggih," kata Ahok usai memantau pelaksanaan UN di SMKN 1 Jakarta, Selasa (14/4).

Dia menambahkan, yang terpenting dalam penggunaan sistem CBT pada saat ujian adalah pengacakan soal. Hal ini akan membuat siswa sulit untuk bekerja sama saat menjalani ujian.

"Kalau dulu kan cuma diatur kamu yang seri A, seri B. Jadi bisa saja yang dibelakang kita memiliki seri yang sama. Kalau ini, soalnya otomatis ngacak. Enggak mungkin tahu ini nomor siapa," ujar Ahok.

Mantan Bupati Belitung Timur itu ingin sistem ujian seperti tes CPNS yang menggunakan sistem CAT (computer assisted test). ‎Penerapan sistem ini membuat orang yang mengikuti ujian bisa langsung mengetahui hasil ujian mereka.

"Saya kira bagus dan orang juga puas langsung tahu hasilnya seperti apa. Jadi enggak ada lagi bilang suka enggak suka, enggak lulus, diskriminasi, ini anak kesayangan lah," ‎tandas Ahok. (gil/jpnn)


JAKARTA - Sejumlah sekolah di Jakarta melaksanakan ujian nasional (UN) online (CBT/Computer Based Test). Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News