AHTRMI Siapkan Rimbawan Hijaukan Hutan Rusak

AHTRMI Siapkan Rimbawan Hijaukan Hutan Rusak
AHTRMI Siapkan Rimbawan Hijaukan Hutan Rusak
JAKARTA - Ketua umum Asosiasi Hutan Tanaman Rakyat Mandiri Indonesia (AHTRMI), Basyaruddin Siregar mengatakan, pihaknya menyiapkan 100 orang rimbawan dan rimbawati di masing-masing provinsi untuk menghijaukan kembali hutan yang rusak di Indonesia. Menurutnya pula, sebanyak 60 juta dari 140 juta hektar hutan yang ada di negeri ini sudah rusak.

"Sudah ada 100 orang rimbawan dan rimbawati yang siap melakukan penghijauan bersama dengan masyarakat di setiap provinsi," kata Basyaruddin, saat deklarasi Rimbawan/Rimbawati Muda Mandiri Indonesia, di halaman parkir kantor Direktorat Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Jalan TMP Kalibata, Jakarta, Senin (15/2).

Acara deklarasi itu sendiri, dihadiri perwakilan dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Pemuda dan Olahraga, Pemberdayaan Wanita, serta Kementerian Pertanian. Selain menggelar pameran sebagai acara pendukung, AHTRMI juga dalam kesempatan itu melaksanakan seminar.

Tahun ini, menurut Basyaruddin pula, telah disiapkan lahan seluas 50 hektar di masing-masing provinsi, untuk dilakukan penanaman pohon yang akan dilakukan para rimbawan melalui para pengurus DPW AHTRMI. Sementara, pohon yang akan ditanam untuk penghijauan itu sendiri akan terdiri dari berbagai jenis, termasuk yang kayunya bisa dipanen yang berumur lima sampai 20 puluh tahun. "Ada pohon Sengon, Jati. Di tengahnya akan tanaman tumpang sari," ucapnya pula.

JAKARTA - Ketua umum Asosiasi Hutan Tanaman Rakyat Mandiri Indonesia (AHTRMI), Basyaruddin Siregar mengatakan, pihaknya menyiapkan 100 orang rimbawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News