AHY Membisikkan Kalimat Begini kepada Anies Capres Nasdem di TIM, Hmmm

AHY Membisikkan Kalimat Begini kepada Anies Capres Nasdem di TIM, Hmmm
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Foto/dok: Kenny Kurnia Putra/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang bakal jadi Capres NasDem di Pilpres 2024 bicara soal transformasi di Ibu Kota selama kepemimpinannya di ibu kota periode 2017-2022.

Paparan itu disampaikan Anies dalam forum yang juga dihadiri sejumlah tokoh partai politik di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta. Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pun hari di sana.

Anies mengaku sengaja mengundang semua pihak dalam forum terbuka itu. "Mudah-mudahan ini menjadi kesempatan untuk melihat sebagian dari yang sudah dikerjakan di Jakarta," kata Anies di TIM, Jakarta Pusat, Sabtu (8/10).

Menurut Anies, program yang dikerjakan di Jakarta antara lain mengalihkan paradigma pembangunan dari yang berbasis kendaraan pribadi menjadi berorientasi transportasi publik.

Eks menteri pendidikan dan kebudayaan itu pun mengeklaim saat ini sudah terjadi perubahan perilaku masyarakat yang beralih menggunakan kendaraan umum. Itu terlihat dari peningkatan penumpang angkutan publik.

Berdasarkan data tiga moda transportasi di ibu kota, yakni TransJakarta, MRT, dan LRT,  jumlah penumpang per hari pada 2017 mencapai sekitar 489 ribu dan pada 2020 meningkat menjadi satu juta pengguna tiap hari.

Secara tahunan jumlah penumpang di tiga moda transportasi itu meningkat dua kali lipat dari 144 juta pada 2017 menjadi 288 juta pada 2020.

Mantan rektor Universitas Paramadina itu juga mengatakan cakupan masyarakat terhadap layanan transportasi umum pun meningkat dari 42 persen pada 2017 menjadi 85 persen pada September 2022.

Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sempat membisikkan kalimat begini kepada Anies Baswedan Capres NasDem saat bertemu di TIM, Jakarta Pusat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News