AIDS Serang Usia Produktif di Malut

AIDS Serang Usia Produktif di Malut
AIDS Serang Usia Produktif di Malut
TERNATE - Penyebaran HIV (Human Immunodeficiency Virus) dan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) di Maluku Utara (Malut) dari tahun ke tahun  menunjukkan fenomena yang mengkhawatirkan. Rilis Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Malut menyebutkan, hampir semua kabupaten dan kota di Malut mengoleksi penderita HIV dan AIDS.  Parahnya lagi, mayoritas penderita HIV/AIDS  berasal dari kalangan muda alias usia produktif. 

   

“Yang paling tinggi itu usia produktif dari usia 20 sampai 29 tahun dan 30 sampai 39 tahun, ” jelas Sekretaris KPAP Malut Hj. Rumi Abdullatif, S.KM  kepada Malut Post (JPNN Group).

Data KPA Malut yang dihimpun  sejak 2004 hingga Juni 2012,  terdapat 182 kasus HIV dan AIDS di Malut.  Kasus ini ditemukan di seluruh wilayah Malut, minus Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng).  “Tapi bukan berarti Halteng bebas, tapi karena belum ada laporan,”  ujar Rumi. 

     

Kota Ternate masih menduduki peringkat pertama pengoleksi kasus HIV/AIDS, yakni 84 kasus. Disusul selanjutnya, Halmahera Utara   (58 kasus), Halmahera Selatan (14 kasus), Kepulauan Sula (11 kasus), Kota Tidore Kepulauan (9 kasus),  Morotai ( 4 kasus) dan  Halmahera Barat serta Halmahera Timur masing-masing 1 kasus. 

TERNATE - Penyebaran HIV (Human Immunodeficiency Virus) dan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) di Maluku Utara (Malut) dari tahun ke tahun 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News