AIG Indonesia Yakin Tak Terimbas Induk di AS

AIG Indonesia Yakin Tak Terimbas Induk di AS
AIG Indonesia Yakin Tak Terimbas Induk di AS
SURABAYA - Kegoncangan raksasa asuransi American International Group (AIG) tak banyak berpengaruh pada anak usahanya di Indonesia. Sebab, hubungan antara kewajiban yang harus ditanggung perusahaan tersebut di Amerika Serikat (AS) dengan anak usahanya di Indonesia masih cukup jauh. Baik dari sisi aset maupun likuditas.

Meski begitu, kabar tak sedap dari Amerika tersebut juga turut menyibukkan anak perusahaan AIG di Indonesia. Ini diakui oleh Harisman Susanto, selaku regional director AIG Life Surabaya. Menurutnya, pihaknya saat ini disibukkan dengan pertanyaan sejumlah nasabah tentang krisis yang dialami oleh AIG. ''Kalau saya sih netral saja melihatnya. Itu memang krisis yang serius, tapi yang mengalaminya adalah salah satu anak usaha AIG di Amerika,'' ungkap Harisman kemarin (17/9).

Lebih lanjut, dia menegaskan bahwa AIG mempunyai anak usaha yang sangat banyak. Termasuk salah satunya perusahaan asuransi AIG Life yang ada di Indonesia. ''Apalagi, saat ini market AIG di Amerika sangat besar,'' ungkapnya. Bahkan, lanjut dia, sektor pertahanan dan keamanan di Amerika juga dinaungi asuransinya.

Soal krisis yang menghantam AIG, dia mengatakan bahwa resesi akibat gagal bayar tersebut juga telah mendapat perhatian dari pemerintah setempat. ''Pemerintah Amerika telah mengizinkan penggunaan dana sebesar USD 115 miliar,'' sebutnya.

SURABAYA - Kegoncangan raksasa asuransi American International Group (AIG) tak banyak berpengaruh pada anak usahanya di Indonesia. Sebab, hubungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News