AirAsia Tergelincir di Kalibo, 153 Penumpang Selamat

AirAsia Tergelincir di Kalibo, 153 Penumpang Selamat
Sejumlah penumpang AirAsia Zest dengan nomor flight 272 keluar melalui tangga darurat setelah pesawat yang mereka tumpangi tergelincir di Bandara Kalibo, Filipina. Foto: abs-cbnnews.com

jpnn.com - MANILA - Kecelakaan kembali menimpa pesawat AirAsia. Sebuah pesawat jet Airbus A320-200 milik maskapai AirAsia Zest dengan 159 penumpang dan beberapa kru tergelincir di rerumputan Bandara Internasional Kalibo, Boracay, Filipina Tengah, Selasa (30/12) sekitar pukul 17.43 waktu setempat.

Manajer Bandara Kalibo, Cynthia Asperas dilansir abs-cbnnews.com menyampaikan, pesawat AirAsia Zest dengan nomor penerbangan 272 dari Manila, Filipina tergelincir akibat diterpa angin kencang saat mendarat. AirAsia Zest merupakan maskapai yang sebagian sahamnya dimiliki oleh AirAsia Filipina.

Asperas mengatakan berdasarkan laporan awal, semua penumpang dan awak pesawat dalam keadaan aman. Hanya beberapa penumpang dikirim ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan karena cedera.

"Semua penumpang selamat, termasuk pilot. Namun kejadian ini sempat membuat penumpang panik, dan beberapa orang yang cedera dikirim ke rumah sakit," kata Asperas.

Akibat kejadian ini, lanjut dia, Bandara Kalibo sementara ditutup. Pihak Departemen Perhubungan dan Komunikasi Filipina mengabarkan, sebanyak empat penerbangan dari Kalibo ke Malinau atau sebaliknya dibatalkan akibat cuaca buruk dan insiden yang menimpa pesawat AirAsia.

Sementara itu, pihak AirAsia Filipina memastikan, meski akibat insiden itu penumpang dan seluruh awak turun melalui tangga darurat, tapi semuanya dalam kondisi selamat.

"Semua 153 penumpang dan awak dapat turun dengan aman, tidak ada cedera yang dilaporkan. Semua penumpang sekarang di sebuah hotel dibantu oleh staf AirAsia," kata perusahaan penerbangan itu.

Insiden ini terjadi hanya berselang dua hari setelah jatuhnya pesawat AirAsia QZ 8501 rute Surabaya-Singapura, Minggu (28/12).(ris/jpnn)

MANILA - Kecelakaan kembali menimpa pesawat AirAsia. Sebuah pesawat jet Airbus A320-200 milik maskapai AirAsia Zest dengan 159 penumpang dan beberapa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News