JPNN.com

Airin Minta Tangsel Masuk Daftar Kota yang Percepat Pengelolaan Sampah

Minggu, 17 Maret 2019 – 15:40 WIB Airin Minta Tangsel Masuk Daftar Kota yang Percepat Pengelolaan Sampah - JPNN.com

jpnn.com, TANGSEL - Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengajak masyarakat menabung kebaikan di bank sampah. Dengan mengolah sampah secara kreatif akan dihasilkan produk bernilai ekonomis.

Sampah yang bisa didaur ulang biasanya bernilai ekonomi karena banyak dicari para pengepul sampah jenis plastik, kertas atau kaleng. Sementara sampah basah sisa makanan dapat dikelola menjadi sampah organik.

"Jadi tantangan terbesar adalah bagaimana menyadarkan masyarakat di lingkungan kita untuk piawai memilah dan memilih sampah dengan nilai ekonomis sekaligus menjaga kelangsungan lingkungan yang asri," kata Airin usai melantik pengurus Bank Sampah Serasi di Rukun Warga (RW) 021, Perumahan Villa Dago, Benda Baru, Pamulang, Minggu (17/3).

Pengelolaan sampah lewat mekanisme Bank Sampah ini selain memberikan income bagi rumah tangga, juga meringankan sampah yang harus masuk ke tempat pembuangan sampah milik Pemkot Tangsel. Seperti banyak dialami kota-kota besar lainnya, Tangsel termasuk kota satelit di seputaran Jakarta yang punya pekerjaan rumah untuk urusan sampah.

BACA JUGA: Update Banjir Sentani: 50 Orang Meninggal, 2 Pesawat Terbang Rusak

"Adanya Bank Sampah bisa mengurangi sampah ke tempat pembuangan akhir sampah di Cipeucang," kata Airin.

Dia menambahkan, sudah melakukan upaya keras untuk melobi pemerintah pusat supaya Tangsel masuk dalam daftar kota yang ada di Peraturan Presiden (Perpres) tentang percepatan pengelolaan sampah. Rencananya, September tahun ini sudah ada proses lelang untuk program energi berbasis sampah.

"Ditargetkan program pengelolaan sampah menjadi energi listrik akan selesai dalam 2 tahun ke depan. Kalau sudah lebih baik urusan sampah ini maka Tangsel bisa maju meraih piala adipura," kata Airin, semangat.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...